Gebyar Hewan Kurban di Kampung 99 Pepohonan

Bertempat di jl. Muhasan II kelurahan Meruyung kecamatan Limo Depok terdapat  peternakan yang dikelola oleh  penghuni Kampung 99 Pepohonan. Lokasinya diapit oleh 2 kali yaitu kali irigasi dan kali pesanggrahan, dikelilingi rimbunan pohon, dihiasi kicauan burung, gemericik air mengalir, dipenuhi dengan suara domba dan kambing serta lenguhan sapi bagaikan iringan simponi alam. Dari kejauhan terdengar juga alunan musik yang berasal dari panggung Kampung 99 Pepohonan.

Ketika kami mengunjungi kandang Kampung 99 Pepohonan lebih dari 75% ternak yang ada sudah dipesan, termasuk diantaranya dari DPP PAN, Bank Mandiri, KFC, Indosat, Telkom, Yayasan Jamiyyatul Islamiyah, Yayasan Ad-Dhiya, Al Azhar, Majelis Rasulullah, Pos Kota, dan PT. Polypet yang memesan sapi seberat  1,2 ton.  Pengunjung merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, mulai dari penimbangan bobot hewan, perawatan hewan yang maksimal sampai harga yang tidak berubah dibanding tahun lalu.. “Kami disini merawat dengan cinta seperti merawat anak kami sendiri, karena dengan kita merawat ternak ini maka kita bisa menjawab masa depan anak kita dan masa depan bangsa kita”, tutur Pak Hakim, penanggungjawab kandang.

Kunjungan Ibu Syamsidar (DPP PAN) beserta rombongan ke Kampung 99 Pepohonan bermula dari informasi Ustadz Taufik, pengurus Masjid Al Fajri, Jakarta Selatan. Didampingi oleh Pak Teddy, penghuni Kampung 99 Pepohonan, rombongan diajak berkeliling melihat peternakan. Beliau terkesan dengan kehidupan yang dijalani di Kampung 99 Pepohonan, hingga tertarik untuk membeli hewan kurban. “Tahun ini kami rencana membeli  11 sapi”, tuturnya.

Peternakan Kampung 99 Pepohonan bermula sejak tahun 2007. Lingkungan peternakan yang terawat dan bersih membuat pengunjung senang. Sapi  dimandikan 2 kali sehari dan makan 4 kali sehari. Kotoran ternak tiap hari dikumpulkan untuk diolah menjadi kompos. ”Kalau Bapak beli sapi disini seperti beli buah di kebon bukan beli di pasar, dan harga kamipun juga harga petani”, tambah Pak Teddy.

Musim kurban tahun ini, Kampung 99 Pepohonan menerima pesanan ratusan kepala sapi/kerbau dan kambing/domba. Hal yang perlu ditingkatkan adalah soal pengiriman hewan kurban. Resep semuanya adalah kebersamaan dalam kehidupan di Kampung 99 Pepohonan. Semangat kekitaan/kebersamaan yang selalu dipupuk menjadi kekuatan dalam menjawab setiap tantangan yang ada, Pak Teddy menambahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *