Kegiaatan Inseminasi Buatan di Peternakan Kampung 99 Pepohonan

Sebagai sebuah peternakan yang terus berkembang pesat, Peternakan Kampung 99 Pepohonan selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas ternaknya. Seperti hari ini, Jumat 3 Juli 2015, peternakan kita kehadiran tim dari Dinas Pertanian, Peternakan  dan Perikanan kota Depok, beserta tim dari Badan Inseminasi Buatan (BIB) kota Lembang,

Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan kota Depok dengan tim terdiri dari Drh. Hendra Mahendra, didampingi Bpk. Ahmad Sukardi, Spt dan Bpk. Jarkasih Effendi bersama tim dari Badan Inseminasi Buatan kota Lembang yaitu Drh. Ngurah Raka, Bpk. Yadi Rohadi dan Bpk. Cepi Hidayah, bersama-sama melakukan pengecekan kesiapan sapi perah (Freisian Holstein) sebelum dilakukan inseminasi buatan.

Pengecekan tersebut memperoleh hasil, beberapa sapi dalam kondisi Folikel, dimana sapi tersebut masih harus menunggu 11 (sebelas) hari sebelum siap diberikan hormon, dan CL atau Corpus Luteum, dimana sapi dalam keadaan siap disuntik hormon untuk persiapan inseminasi buatan. Beberapa sapi sedang dalam kondisi bunting, sehingga tidak perlu dilakukan inseminasi buatan.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka “Sinkron”, yaitu melakukan kegiatan inseminasi buatan secara bersamaan sehingga 9 bulan ke depan bisa dilakukan panen secara bersamaan pula. Tujuannya adalah untuk mempermudah pengawasan dan perawatan sapi perah dalam  dan meningkatkan angka kelahiran dalam mengembangkan kualitas dan kuantitas ternak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *