Membiakan Kambing Unggulan Yang Dicari Banyak Orang

Kampung 99 memiliki peternakan kambing yang selama ini sangat diminati dan dibutuhkan banyak orang. Dari mulai untuk keperluan aqiqah, qurban, atau susu kambing. Dari sinilah berbagai jenis kambing unggulan dikembangbiakan.

Kambing, salah satu binatang yang banyak manfaatnya. Dari mulai dagingnya, susunya, hingga kotorannya untuk dijadikan pupuk kandang. Untuk Peternakan Kambing Kampung 99 Pepohonan, pola pengembangbiakan kambingnya ditangani oleh para peternak yang sudah ahli dibidangnya. Sehingga menghasilkan ternak yang sehat, dengan kualitas daging maupun susu yang terbaik dikelasnya.

Pembibitan

Berbagai jenis kambing yang dibiakkan di Peternakan Kambing Kampung 99 Pepohonan antara lain adalah kambing jenis etawa, boer, kacang, saenen, jawa randu.

Dari pola rawat ternak akhirnya melahirkan kambing-kambing unggulan dari Peternakan Kambing Kampung 99. Dalam satu bulan, dengan jumlah indukan 1200 ekor dari berbagai jenis kambing yang ada, tidak kurang dari 100 anak kambing yang diberanakan. Satu induk bervariasi, ada yang satu anak, sampai ada juga yang tiga anak.

Untuk menghasilkan anak-anak kambing yang sehat dan menjadi kambing unggulan, dimulai dari perawatan induknya yang juga harus sehat. Hal itu dikatakan Hakim, pengurus dan penanggungjawab Peternakan Kampung Kampung 99 Pepohonan di Kalisuren tentang pola pengembangbiakan kambing unggulan yang dihasilkan.

Lebih jauh Hakim mengatakan, bahwa Peternakan Kambing Kampung 99 sangat mengutamakan kesehatan ternaknya. Karena dari kesehatan ternak itulah, yang akan menghasilkan kualitas kambing itu sendiri. Baik kambing jantan unggulan untuk dijual, maupun kambing unggulan betina untuk dijadikan indukan.

Cara menjaga kesehatannya ternak kambing di Peternakan Kambing Kampung 99 Pepohonan ini salah satunya melalui pola makan. Makanan yang diberikan kepada kambing ternakan ini selain diberikan rumput segar dan hijau, juga ada ampas tahu, dan kosentrat.

“Dalam satu hari kita memberikan makanan kambing ini tiga kali, pagi, siang dan sore,” kata Hakim. “Makanannya diselang seling, pagi misalnya kosentrat, siang ampas tahu, sorenya rumput,” tambahnya.

Mengutamakan Kebersihan

Kebersihan kandang juga menjadi salah satu penentu kesehatan dari ternak kambing. Karena itulah, Peternakan Kambing Kampung 99 juga mengutamakan kebersihan kandang guna mencegah penyakit binatang.

“Untuk menjaga kesehatannya, tiap bulan kambing pun diberi vitamin,” jelas Hakim.

Untuk jenis kambing etawa, jawa randu dan juga saenen, pembiakannya selain untuk memproduksi daging juga guna untuk menghasilkan susu. Karena ketiga jenis kambing inilah yang memiliki kualitas susu yang baik, serta banyak menghasilkan susu dibanding jenis kambing lainnya.

Sedangkan untuk kambing jenis boer dan kacang, biasanya untuk keperluan sonsumsi daging kambing seperti untuk aqiqah atau qurban.

Demi Kepuasan Konsumen

Peternakan Kampung 99 Pepohonan di Meruyung memiliki lahan lebih 7 hektare. Menyatu dengan wisata alam  pepohonan. Di kandang Meruyung, anak kambing yang dirawat disini berkisar dari usia 3-4 bulan. Menurut Hasan, penanggungjawab perawatan kambing di Peternakan Kambing Kampung 99 Pepohonan di Meruyung,  di tempat inilah anak kambing unggulan itu dirawat, diberi makan, dan dijaga agar tetap terjaga kesehatannya, sehingga menjadi kambing unggulan yang banyak diperlukan orang.

Untuk di Meruyung, tersedia kambing yang masih masa perawatan pembesaran dan yang sudah siap jual berkisar 800-1000 ekor. Semua dari berbagai jenis kambing yang dibiakkan.

“Untuk kualitas kambing unggulan, kami menghasilkan kambil yang memiliki kenaikan bobot kambing 4-5 kilo perbulan. Dan bisa mencapai 65-80 kg untuk 2 tahun,” ungkap Yasser Arafat Suaidy, pemilik Peternakan Kambing Kampung 99.

Lebih jauh Yasser mengungkapkan, untuk kambing unggulan betina, yang diperuntukkan untuk menghasilkan susu, perhari bisa menghasilkan susu segar 800 mili hingga sampai 5 liter. Semua tergantung jenis kambingnya.

“Untuk kambing etawa dan jawa randu, produksi susunya berkisar 800 mili hingga 1,5 liter. Sedangkan untuk kambing jenis saenen, bisa menghasilkan 1,5 – 5 liter,” kata Yasser.

Sedangkan untuk kambing daging atau kambing potong, lebih banyak kepada kambing boer dan kambing kacang. Semuanya tergantung konsumen. Namun yang utama, kualitas daging yang menjadi pilihan para konsumen. Karena itulah Yasser berusaha untuk menjadikan Peternakan Kambing Kampung 99 Pepohonan sebagai tempat pembiakan kambing unggulan.

“Alhamdulillah, setiap tahun kebutuhan kambing untuk aqiqah atau qurban selalu bertambah,” kata Yasser lagi.

Yasser berusaha menjaga hubungan baik dengan para pelanggannya. Karena itulah, selain mengembangbiakkan kambing-kambing unggulan, Peternakan Kambing Kampung 99 Pepohonan juga seringkali diminta untuk melakukan pelatihan bagi para kelompok tani, atau pun instansi terkait guna menghasilkan kambing unggulan.

Dan bagi yang berminat dengan kambing untuk qurban, aqiqah, atau pun untuk keperluan daging kambing sehari-hari, bisa langsung datang ke Peternakan Kambing Kampung 99 Pepohonan di kandang Meruyung, atau di kandang Kalisuren. Untuk info lebih lanjut, bisa menghubungi nomor 087788667133 atau 081312414546. *** (Gr)

Gambar lainnya

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)